Bacaan Doa Ziarah Kubur Beserta Adab dan Larangannya

SHARE  

Ziarah kubur menjelang Ramadan di TPU Semper, Jakarta Utara, Jumat (8/3/2024). (REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana) Foto: Ziarah kubur menjelang Ramadan di TPU Semper, Jakarta Utara, Jumat (8/3/2024). (REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)

Daftar Isi

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebelum memasuki bulan Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa, warga muslim punya tradisi untuk mengunjungi makam orang tua untuk ziarah kubur. Berikut adalah bacaan doa ziarah kubur orang tua, adab, dan larangannya.

Menurut buku Mari Ziarah Kubur karya Abdurrahman Misno BP yang dikutip dari detik.com, tradisi ziarah kubur orang tua dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang melakukan ziarah kubur ke makam ibunya di Madinah.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut ini:

“Nabi Muhammad SAW berziarah ke kuburan ibunya, lalu beliau menangis dan menangislah orang-orang di sekitarnya. Beliau bersabda, “Aku minta izin kepada Tuhanku memohonkan ampun kepada ibuku, namun Dia tidak memberikan izin padaku. Dan aku minta izin untuk berziarah ke kuburnya, maka Dia memberi izin kepadaku. Karena itu, berziarahlah kalian ke kuburan-kuburan karena ziarah itu mengingatkan kepada kematian. (HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, dll)

Bacaan doa ziarah kubur orang tua

Dikutip dari Buku Panduan Ziarah Kubur oleh Sutejo Ibnu Pakar, berikut bacaan doa ziarah kubur orang tua seperti diajarkan Rasulullah SAW:

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Arab Latin: Assalâmu’alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû’adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn.

Artinya: Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.

Baca: Pesan PBB untuk Umat Islam di Seluruh Dunia Jelang Ramadan, Ini Isinya

Selanjutnya, untuk mendoakan orang tua yang telah meninggal, berikut bacaan doa yang dapat dibaca saat ziarah kubur seperti dikutip dari laman PPPA Daarul Qur’an:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Arab Latin: Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah), berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Selain bacaan di atas, ada versi doa lain yang juga dapat dibaca. Salah satunya bacaan doa ziarah kubur orang tua adalah sebagai berikut:

ا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Arab Latin: Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu’allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

Adapun bacaan doa-doa di atas dapat dibaca baik untuk orang tua laki-laki (ayah) maupun untuk orang tua perempuan (ibu).

Baca: Niat Salat Tarawih Lengkap: Tata Cara dan Keutamannya

Adab dan tata cara ziarah kubur

Selain membaca doa, seorang muslim yang berziarah kubur hendaknya memperhatikan adab dan tata cara ziarah kubur yang baik. Berikut tuntunannya:

1. Mengucapkan Salam

Pertama, ketika memasuki areal kuburan sebaiknya mengucapkan salam kepada para penghuni kubur. Adapun bacaan salamnya sebagai berikut:

السّلامُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ أَنْتُمْ لَنَا فَرْطُ وَنَحْنُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحِقُوْنَ

Arab Latin: Assalamu ‘alâ ahlid diyâr, minal mu’minîna wal muslimîn, antum lanâ farthun, wa nahnu insyaAllahu bikum lâhiqûn.

Artinya: Salam atas para penghuni kubur, mukminin dan muslimin, engkau telah mendahului kami, dan insyaAllah kami akan menyusulmu.

2. Membaca Surah-surah Pendek

Selanjutnya dianjurkan untuk membaca surah-surah pendek dalam Al-Qur’an, di antaranya:

  • Surah Al-Qadar (7 kali)
  • Al-Fatihah (3 kali)
  • Surah Al-Falaq (3 kali)
  • Surah An-Nas (3 kali)
  • Surah Al-Ikhlas (3 kali)
  • Ayat Kursi (3 kali)

3. Membaca Doa

Berikut bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca sebanyak 3 kali:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ أَنْلَا تُعَذِّبَ هَذَا الْمَيِّتِ

Arab Latin: Allâhumma innî as-aluka bihaqqi Muhammadin wa âli Muhammad an lâ tu’adzdziba hâdzal may-yit.

Artinya: Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.

4. Meletakkan Tangan di Kuburan sambil Baca Doa

Terakhir, letakkan tangan di kuburan sambil membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ ارْحَمْ غُرْبَتَهُ، وَصِلْ وَحْدَتَهُ، وَأَنِسٌ وَحْشَتَهُ، وَآمِنْ رَوْعَتَهُ، وَأَسْكِنْ إِلَيْهِ مِنْ رَحْمَتِكَيَسْتَغْنِي بِهَا عَنْ رَحْمَةٍ مِنْ سِوَاكَ، وَالْحِقْهُ بِمَنْ كَانَ يَتَوَلاهُ

Arab Latin: Allâhumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin raw’atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghnî biha ‘an rahmatin min siwaka, wa alhiqhu biman kama yatawallâhu.

Artinya: Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.

5. Melepas Alas Kaki Ketika Memasuki Area Pekuburan

Selain itu, dikutip dari laman resmi Muhammadiyah seorang yang mengunjungi kuburan sebaiknya melepas alas kaki ketika memasuki area pekuburan. Hal ini seperti diterangkan dalam sebuah hadits berikut:

عن بَشِيرِ ابْنِ الْخَصَاصِيَةِ اَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى رَجُلًا يَمْشِي فِي نَعْلَيْنِ بَيْنَ الْقُبُورِ فَقَالَ يَا صَاحِبَ السَّبْتِيَّتَيْنِ أَلْقِهِمَا. [رواه البخاري واحمد وابو داود و النسائي وابن ماجه]

Artinya: “Diriwayatkan dari Basyir bin al-Khasasiyyah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seseorang yang berjalan di antara kuburan dengan memakai kedua sandalnya, kemudian beliau bersabda; “Wahai pemakai dua sandal, lepaslah sandalmu”.” [HR. al-Bukhari, Ahmad, Abu Dawud, an-Nasai dan Ibnu Majah]

Namun, sebagai catatan hal ini tetaplah harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

6. Menghadap Kiblat Ketika Berada di Kuburan

لِحَدِيْثِ البَرَاءِ اَنَّهُ جَلَسَ رَسُوْلُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُسْتَقْبِلَ القِبْلَةِ لَمَّا خَرَجَ اِلَي المَقْبَرَةِ. [رواه ابو داود]

Artinya: “Menilik hadis Bara’ bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk menghadap qiblat ketika pergi berziarah kubur” [HR. Abu Dawud]

Larangan saat ziarah Kubur

Masih dari laman Muhammadiyah, disebutkan bahwa terdapat beberapa larangan-larangan yang sebaiknya dihindari kala berkunjung ke kuburan. Berikut di antaranya:

1. Tidak Menduduki Kuburan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَأَنْ يَجْلِسَ أَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ حَتَّى تُحَرِّقَ ثِيَابَهُ, وَتَخْلُصَ إِلَى جِلْدِهِ, خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْر. [رواه مسلم]

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Sungguh seseorang dari kalian duduk di atas bara api sehingga membakar bajunya hingga tembus ke kulitnya, itu lebih baik baginya dari pada duduk di atas kuburan.” [HR. Muslim]

2. Tidak Meminta-minta kepada Kuburan dan Menjadikannya Wasilah kepada Allah SWT

Seorang muslim juga dilarang untuk meminta-minta kepada ahli kubur lantaran hal ini adalah perbuatan yang musryik. Juga tidak diperbolehkan untuk menjadikannya perantara kepada Allah SWT.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat Yunus ayat 106 sebagai berikut,

وَلَا تَدْعُ مِنْ دُونِ اللهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ فَإِنْ فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِنَ الظَّالِمِينَ. [يونس(10): ۱۰٦]

Artinya: “Dan jangan engkau menyembah sesuatu yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi bencana kepadamu selain Allah. Sebab jika engkau lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya engkau termasuk orang-orang zalim.” [QS. Yunus (10): 106]

3. Menangis dan Meronta-ronta

Dikutip dari detikHikmah, seorang muslim juga dilarang untuk menangis secara berlebihan disertai teriakan, hingga memukul-mukul pipi dan merobek baju demi menyesali keluarga yang telah meninggal.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku berlepas diri dari orang yang mencukur rambutnya, berguling-guling dan merobek-robekhttps://gondrongjabrik.com/ baju.” (HR Muslim dalam Shahih-nya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*