7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadan

SHARE  

People wait for Iftar (breaking fast) event to start during the Muslim holy fasting month of Ramadan, at Manchester Cathedral, in Manchester, Britain, March 29, 2023. REUTERS/Molly Darlington Foto: REUTERS/MOLLY DARLINGTON

Jakarta, CNBC Indonesia – Umat muslim bulan ini memiliki kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Ramadan adalah bulan penuh berkah, di mana semua amal ibadah yang dilakukan umat Islam dilipatgandakan pahalanya.

Pada bulan ini, seluruh umat muslim wajib berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari selama sebulan penuh.

Perintah berpuasa di bulan Ramadan ini langsung Allah SWT jelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

Baca: 8 Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa Ramadan 2024

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa”. (QS. al-Baqarah, 2:183).

Puasa sendiri artinya menahan lapar, haus, serta hawa nafsu yang membatalkannya dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

Sebagai informasi, puasa Ramadan juga memiliki banyak sekali keutamaan bagi yang menjalankannya, diantaranya sebagai berikut:

1. Penuh berkah

Mengutip NU Online, pada bulan Ramadan pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan pun dibelenggu. Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan (HR Ahmad).

2. Sebagai penebus dosa

Keutamaan puasa Ramadhan berikutnya yaitu sebagai penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadan berikutnya. Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang artinya:

Jarak antara salat lima waktu, salat Jumat dengan Jumat berikutnya dan puasa Ramadan dengan Ramadan berikutnya merupakan penebus dosa-dosa yang ada di antaranya, apabila tidak melakukan dosa besar (HR Muslim).

3. Doa orang berpuasa mustajab

Orang yang berpuasa di bulan Ramadan niscaya akan dikabulkan doanya oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menjelaskan tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya.

4. Memberi syafaat di hari kiamat

Puasa dan ayat Al-Qur’an yang dibaca pada malam Ramadan akan memberi syafaat di hari kiamat kepada orang yang mengerjakannya. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari” Al-Qur’ an juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur di malam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat (HR Ahmad).

Baca: Jadwal Imsakiyah Jakarta dan Buka Puasa Ramadhan 2024

5. Malam seribu bulan

Di bulan Ramadan, ada satu malam dengan keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada seribu bulan pada bulan lainnya, yaitu malam Lailatul Qadr.

Karena itu, selain menjalankan puasa, umat Islam juga dianjurkan mengerjakan ibadah lainnya seperti membaca Al-Qur’an, berzikir, memperbanyak salat sunah, hingga bersedekah.

6. Balasan surga

Keutamaan puasa Ramadhan bagi orang yang menjalankan salah satunya adalah disediakan pintu khusus yang bernama rayyan untuk memasuki surga oleh Allah SWT.

7. Pahala umrah setara haji

Orang yang melaksanakan puasa dan ia berumrah pada bulan Ramadan, maka akan mendapatkan pahala seperti melakukan haji.

Rasulullah SAW bersabda:

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama denganhttps://gondrongjabrik.com/ pahala haji (HR Bukhari).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*