5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, Salah Satunya Favorit Nabi Muhammad

SHARE  

Pembeli memilih buah kurma yang dijual pada salah satu toko di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (13/3/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman) Foto: Pembeli memilih buah kurma yang dijual pada salah satu toko di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (13/3/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Jakarta, CNBC Indonesia – Saat Ramadan, kurma menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi. Tidak hanya, kandungan gulanya yang baik untuk mengganti energi setelah berpuasa, kurma juga menjadi salah satu makanan berpuasa sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW.

Baca: Selalu Makan Gorengan Tiap Buka Puasa? Waspada 4 Penyakit Ini

Ternyata, di pasaran ada banyak berbagai jenis kurma. Bahkan ada juga jenis kurma termahal di dunia dan menjadi favorit.

Lantas apa sajakah itu, berikut adalah lima jenis kurma termahal di dunia mengutip CNBC Indonesia, Kamis (14/3).

1. Mejdool

Dikenal juga dengan Majdool atau secara lokal Majhool adalah kurma yang paling mahal. Ini menurut Pusat Layanan Petani Abu Dhabi (ADFSC).

Kurma ini memiliki panjang hampir dua inchi. Pada 2017 lalu harga per kilonya mencapai 100 dirham per kilo (atau sekitar Rp391 ribu) di pasar lokal.

Medjool termasuk dalam buah segar, memiliki rasa yang kaya dan tingkat kemanisan seperti karamel. Teksturnya kenyal namun lembut.

Kurma jenis ini dikenal sebagai ‘Ratu Kurma’ karena ukurannya besar dengan rasa manis yang cukup kuat, namun bertekstur lembut. Medjool adalah jenis kurma yang sering disantap sebagai makanan sehat.

Kurma Medjool tinggi kalsium dan zat besi sehingga dalam satu porsi kurma mampu memberikan 20% serat makanan harian Anda. Akan tetapi mengingat manisnya yang cukup kuat, penderita diabetes dianjurkan tidak mengonsumsi kurma Medjool.

2. Barhi

Kurma Barhi menjadi salah satu kurma termahal di dunia karena keunikan, yakni warna kuningnya. Bentuknya mirip seperi duku atau langsat, berbeda dengan jenis kurma lainnya.

Kurma jenis ini cocok buat orang-orang yang tidak terlalu suka rasa manis yang pekat seperti kurma pada umumnya. Meski dibudidayakan di Arab Saudi, namun kurma terbaik untuk jenis ini berada di Basra, Irak. Bahkan di pasar internasional, kurma barhi juga bisa dimakan mentah.

3. Sukkari

Berasal dari kata ‘sukkur’ yang dalam bahasa Arab yang berarti gula. Daging buah kurma sukkari bertekstur renyah dan manis sehingga populer dijadikan sebagai makanan penutup.

Kurma ini memiliki bentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Banyak orang suka memakannya langsung atau dijadikan isian roti, topping sereal, atau dijus.

4. Amber

Kurma amber sangat terkenal, terutama di Arab Saudi, dan negara-negara GCC lainnya termasuk Uni Emirate Arab dan populer di kalangan wisatawan.

Kurma amber juga termasuk kurma termahal di dunia. Pada beberapa tahun 100 Riyal per kilogram atau setara Rp387.275 untuk kualitas terbaiknya.

5. Ajwa

Ajwa disebut sebagai kurma yang pertama kali dibudidayakan oleh Nabi Muhammad [SAW] dan sejak itu banyak dibudidayakan di Arab Saudi. Kurma ini disebut juga sebagai kurma nabi.

Kurma Ajwa adalah jenis terbaik dari semua varietas kurma. Kurma Ajwa memiliki warna cokelat tua kehitaman dengan rasa manis dan tekstur yang lembut saat digigit.

Beberapa tahun lalu kurma Ajwa, salah satu kurma termahal di dunia dijual dengan harga 100 Riyal atau setara Rp387.275 per kilogram untuk kualitashttps://gondrongjabrik.com/ terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*